Tuesday, May 22, 2012

Mengganti format decimal (koma/titik) pada Ms Excel 2007

Adakalanya para user menggunakan data tanpa terlebih dahulu melakukan pengecekan format yang digunakan komputer/laptop yang anda gunakan. Pada aplikasi Ms excel, format sangat berpengaruh terhadap proses perhitungan karena ketidakbenaran dalam penggunaan format maka angka-angka yang anda ketikkan tidak dibaca sebagai angka tetapi sebagai text. Misalnya data yang anda ketikkan pada cell 7,65 yang berarti decimal-nya menggunakan koma (,) dan sementara format yang digunakan oleh komputer/laptop anda adalah titik (.) maka sudah dapat dipastikan akan menghasilkan error pada saat perhitungan nilai.

Memang sederhana kalau di lihat tetapi akan berdampak fatal terhadap penyelesaian tugas anda dan data yang sudah anda input pun seakan tidak ada artinya. Misalnya seorang Guru hendak mengolah perhitungan nilai untuk muridnya dan data sudah di-input seluruhnya tetapi saat melakukan perhitungan rata-rata nilai muridnya maka muncul pesan error/value sementara cell yang dibaca sudah tepat dan alhasil salah total, dan andapun siap untuk stress ditambah lagi waktu yang sempit karena harus segera dilaporkan.

Ada langkah-langkah yang dapat anda lakukan dan sekligus dapat mengganti tanda desimal yang anda inginkan:

1. Buka jendela Ms Excel (seperti jendela berikut ini)


klik office buton (lingkaran di atas pojok kiri) dan muncul menu seperti gambar di atas dan selanjutnya pilih option

2. Maka berikutnya muncul jendela berikut ini (excel option)


klik advanced dan pada bagian use system separator (untuk mengganti tanda sebaiknya klik kotak yang ada centangnya yang persis berada di sebelah kiri):
decimal separator untuk tanda decimal (disini ketikkan koma atau titik)
thousand separator untuk tanda ribuan

3. Klik ok

Selesai sudah format decimal pada komputer/laptop anda dan anda tidak perlu khawatir jika anda ingin merubah format decimal angka apakah menggunakan koma atau titik. Maka sebaiknya sebelum seluruh data di-input-kan adakalanya anda coba dulu pengetikan angka desimal pada jendela excel untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selamat mencoba???!!!!

No comments:

Post a Comment