Thursday, October 25, 2012

Pengertian VGA card on board dan VGA card add-on

VGA Card adalah singkatan dari Video Graphics Accelerator yang berfungsi mengolah data graphis untuk ditampilkan pada monitor. VGA juga memiliki prossesor yang di sebut GPU (Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory. Sebagai contoh, mungkin anda pernah mengalami tampilan yang berbeda-beda pada beberapa komputer, sebut saja di komputer A hasil yang terlihat di monitor lebih jernih dan terang, tetapi sebaliknya di komputer yang lain kelihatan agak buram dan tidak terang...begitu juga dengan videonya, saat di putar di komputer A sangat jelas dan jernih dan tidak terputus-putus, tetapi di komputer lain videonya buram dan tersendat-sendat dan bahkan ada yang tidak bisa diputar sama sekali...." maka sudah dapat dipastikan bahwa hal ini dipengaruhi oleh kemampuan VGA-nya yang berbeda (salah satu faktor yang mempengaruhi).

Menjawab pertanyaan di atas adalah memeriksa kemampuan VGA Card komputer anda dan jika VGA card komputer anda rendah maka perlu ditingkatkan kemampuannya dengan mencari VGA card yang memiliki kemampuan untuk mendukung hasil gambar yang jernih dan terang serta video nya tidak tersendat-sendat.

Jenis-Jenis VGA

Ada dua (2) jenis VGA yang digunakan yaitu:

a. VGA On Board
VGA ini merupakan VGA yang sudah menempel atau tergabung dengan motherboard sehingga saat membeli sebuah motherboard atau komputer, VGA tersebut sudah ada. Biasanya VGA ini disesuaikan dengan tingkatan komputer anda, Misalnya komputer anda Core 2 maka sesuai dengan harga Core 2 maka VGA-nya pun disesuaikan dengan kemampuan unjuk kerja Core 2 tadi.
Lihat gambar berikut ini:

LVDS TTL VGA /AV/Sv Universal LCD Controller Board
sumber: http://njytouch12.en.ec21.com/LVDS_TTL_VGA_AV_Sv--5468511_5472826.html

b. VGA Card add-on
VGA ini merupakan VGA yang terpisah dari motherboard. Terpisah disini bisa dipasang dan dilepaskan sehingga VGA ini dapat ditingkatkan kemampuan dengan memasang VGA card yang lebih tinggi lagi.

sumber: http://thinkpadt42notebook.blogspot.com/2010/07/vga-graphic-card-ibm-thinkpad-t42.html


sumber: http://encyclopedia2.thefreedictionary.com/Graphic+card

Dalam perkembangan komputer, VGA yang sudah tersedia pada motherboard disebut dengan istilah On Board. Jika istilah On Board ada maka ada pula istilah yang tidak On Board (VGA card add-on). Untuk VGA yang tidak On Board.

Perbedaan VGA On board dengan VGA yang tidak On board

1. Memory, VGA On board tidak memiliki memory khusus jadi memory bergabung dengan memory komputer (RAM) sehingga kinerja komputer akan terasa lambat bila RAM komputernya kecil. Sedangkan VGA tidak On board, memory sudah terpisah dengan memory komputer (RAM) atau dengan kata lain VGA tidak On Board memiliki memory sendiri.

2. Kinerja/kemampuan, VGA On Board memiliki kinerja lebih rendah dibandingkan dengan kinerja VGA tidak on board. Hal ini dikarenakan pembuatan VGA card tidak on board sudah dirancang untuk dapat bekerja mandiri, artinya memory tidak lagi menggunakan memory komputer (RAM) sehingga antara RAM dan memory VGA sudah saling bekerja sama dan tidak saling membebankan.

3. Biaya, VGA On Board dari segi biaya lebih murah karena sudah bergabung dengan harga komputer keseluruhan. Sedangkan VGA tidak On Board, harganya lebih mahal dan terpisah dengan harga komputer keseluruhan.

Produsen (vendor) VGA Card
Berikut beberapa pabrikan pembuat (vendor) VGA dan ini hanya beberapa dari sekian banyak produk VGA yang dihasilkan oleh masing-masing vendor tadi. Dan setiap produk VGA ini di pasarannya memiliki kelebihan dan kekurangan dikarenakan setiap produk sering memfokuskan pada hal tertentu, misalnya menekankan aspek gambar, atau ada yang menekankan pada video.

1. Dell Computer corp            : Smart Array 6400 Controller
2. ATI Technologies Inc        : Radeon IGP 345M
3. National Semiconductors   : Geode VGA Compatible Device
4. Cirrus, Logic                     : pci
5. TRIDENT MICRO          : DGi GUI Accelerator
6. NEC electronics                : GUI Accelerator
7. SIS                                   : SiS5597 SVGAa
8. Oak Technology               : Spitfire VGA Accelerator
9. NVIDIA Corporation       : NVIDIA GeForce 8400
10. VIA Technologies, Inc    : CastleRock AGP 8x Controller
11. Intel Corporation             : AGP Graphics Accelerator
12. ARK Logic                    : Stingray GUI Accelerator
13. Alliance Semiconductor   : VGA/AVI Playback Accelerator
14. Ascii Corporation           : VGA Video Overlay Accelerator
15. VMware Inc                   : Virtual SVGA
sumber: http://www.pcidatabase.com/search.php?device_search_str=vga

Driver
adalah sebuatan untuk sebuah perangkat lunak (software) yang menjembatani (mengizinkan) perangkat keras (hardware) berkomunikasi dengan komputer. Tanpa ada driver, jika anda hubungkan perangkat keras ke komputer maka perangkat keras tadi tidak dapat digunakan. Jika driver yang digunakan tidak cocok maka perangkat keras tadi tidak dapat digunakan. Misalnya ada sebuah perangkat keras, sebut saja modem, maka agar perangkat keras tadi dapat berkomunikasi dengan komputer anda maka anda harus menggunakan driver modem tadi lalu di-instal-kan pada komputer dan selanjutnya driver ini akan bekerja dan menjembatani hardware dengan komputer sehingga modem anda dapat dikenal dan dapat digunakan.

Ada kalanya sebuah perangkat keras langsung dikenal oleh komputer sehingga tidak memerlukan driver, misalnya mouse, flashdisk, keyboard tetapi ini juga dipengaruhi oleh Operating System (OS). Semakin terbaru OS anda maka semakin banyak pula perangkat keras yang dapat dijembatani langsung tanpa harus ada driver. Oleh sebab itu jika anda membeli sebuah perangkat keras komputer, yang harus anda perhatikan  adalah ada atau tidak driver-nya dalam bentuk kepingan CD. Dan jika tidak disertai CD ada kemungkinan perangkat keras tadi sudah dikenal banyak oleh OS komputer atau memang harus anda sendiri yang mencari dengan cara men-download-nya

Semoga dapat membantu pemahaman terhadap VGA dan mampu mengatasi yang berhubungan dengan tampilan monitor atau untuk meningkatkan kemampuan (upgrade) VGA monitor agar tampilan (display) lebih jernih dan tampilam video-nya pun tidak putus-putus

9 comments:

  1. Makasih bg info nya sangan berharga

    ReplyDelete
  2. permisi gan, mau nanya..

    kalo vga onboard itu apakah sudah pasti ada ketika kita beli komputer?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sdh ada ketika membeli motherboard

      Delete
  3. wah, lengkap banget pemjelasannya neh

    ReplyDelete
  4. bisa gak vga onboard di tambahin vga card add-ondi motherboard

    ReplyDelete
  5. Aetelah membaca postingan anda saya lebih faham megenai laptop. terima kasih.
    smogo Alloh swt membalas dengan yg lebih baik...amin

    ReplyDelete
  6. thanks sob untuk postingannya...
    article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
    maju terus dan sukses selalu...
    salam kenal yach...
    kunjungi blog saya ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
    http://chaniaj.blogspot.com/

    ReplyDelete